Minggu, 03 Juli 2011

Psikologi Pendidikan


MASALAH BELAJAR

1.      Proses Belajar
Belajar adalah suatu aktivitas yang menuju kearah tujuan tertentu atau perubahan. Untuk mencapai tujuan itu perlu adanya factor-faktor yang perlu diperhatikan, misalnya saja factor bimbingan.

2.      Faktor-Faktor Lain Yang Mempengaruhi Belajar
1)      Kemampuan Pembawaan
2)      Kondisi Phisik orang yang belajar
3)      Kondisi psikis anak
4)      Kemauan belajar
5)      Sikap terhadap guru, mata pelajaran dan pengertian mereka mengenai kemajuan mereka sendiri.
6)      Bimbingan
7)      Ulangan

3.      Metode Belajar
1)      Metode keseluruhan
2)      Metode bagian
Belajar dengan metode keseluruhan, caranya ialah mempelajari bahan sebagai satu kesatuan. Belajar dengan metode bagian ialah mempelajari bahan dengan cara membagi bahan atas bagian-bagian.
1)      Usaha yang terpencar
2)      Ingatan
Salah satu factor yang dapat mengakibatkan adanya ingatan adalah macam bahannya. Makin berarti bahan itu baginya makin mudah diingatkan. Makin tidak berarti bahan itu makin mudah pula dilupakan.
Factor yang lain dari ingatan ini ialah kesungguhan belajar.

4.      Faktor Umur
5.      Factor umur dapat pula mempengaruhi belajar. Pada umumnya orang yang masih muda lebih mudah untuk belajar dalam hal mengingat dan menyimpan bahan pelajaran. Sedangkan orang yang sudah tua akan lebih sukar untuk belajar.

6.      Motivasi dalam belajar.
Menurut Woodworth dan Marques motif adalah suatu tujuan jiwa yang mendorong individu untuk aktivitas-aktivitas tertentu dan untuk tujuan-tujuan tertentu terhadap situasi di sekitarnya.
Perubahan-perubahan yang dilakukan manusia untuk dapat menyesuaikan akan akhirnya untuk mendapatkan kepuasan ini disebut dinamika manusia. Tugas guru dalam memberikan motivasi anak ialah mengingat adanya dinamika anak dan bimbingan dinamika anak. Maksudnya ialah supaya anak yang belajar dalam mebentuk dinamikamanusia ini tidak melalui pengalaman-pengalaman yang kurang baik.
Sifat motivasi
a.       Kekuatan suatu motif
b.      Motif yang berubah-rubah
c.       Motivasi asli dan motivasi yang didapat
d.      Motivasi yang alamiah
e.       Motif-motif yang lebih ditimbulkan oleh factor-faktor social dan fisik
f.       Motif yang negative
g.      Cara-cara mendapatkan motif
h.      Hal-hal yang dapat mempengaruhi motivasi dalam belajar

7.      Belajar Kecekatan dan Pengetahuan
1)      Pengeruh latihan istimewa pada masa kank-kanak
Perkembangan ini sangat erat hubungannya dengan kemasakan fisik maupun mental dari individu.
Guru dan orang tua tidak boleh memberi latihan dan bimbingan kepada anak, akan tetapi berilah latihan dan bimbingan itu pada waktu yang tepat, tidak terlalu awal dan juga tidak terlambat, karena kedua-duanya hanya memberi keuntungan sedikit.
Menurut banyak penyelidikan terbukti bahwa latihan dan bimbingan dapat membentuk kecekatan.
2)      Pengaruh lingkungan
3)      Perkembangan kecekatan motorik
4)      Perkembangan motorik yang mula-mula
5)      Perkembangan kecekatan motorik kemudian.
8.      Berpikir Kreatif dan Reflektif
1)      Berpikir refleksif
Berpikir refleksi juga sering disebut pemecahan problem.
9.      Transfer Belajar
1)      Beberapa teori mengenai transfer
a.       Teori disiplin formil
b.      Teori generalisasi (membuat umum)
Pencipta teori generalisasi ini ialah Chalres Judd.

10.  Belajar Tuntas
Seluruh anak diharapkan dapat menguasai semua materi pelajaran yang diberikan sebelum berpindah kepada pelajaran berikutnya.
1)      Prinsip-prinsip belajar tuntas
a.       Perbedaan waktu belajar
b.      Umpan balik sering dan segera
c.       Perbaikan

0 komentar:

Posting Komentar